17 MAN Insan Cendekia Siap Terima Peserta Didik Baru



Direktur Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, M Nur Kholis Setiawan menyatakan bahwa sebanyak 17 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia (MAN IC) siap menerima peserta didik baru pada Tahun Ajaran 2016/2017 ini. Ke-17 MAN IC tersebut adalah sebagai berikut:
  1. MAN Insan Cendekia Serpong, Banten
  2. MAN Insan Cendekia Jambi
  3. MAN Insan Cendekia Gorontalo
  4. MAN Insan Cendekia Aceh Timur
  5. MAN Insan Cendekia Oki Sumatera Selatan
  6. MAN Insan Cendekia Siak Riau
  7. MAN Insan Cendekia Bangka Tengah
  8. MAN Insan Cendekia Pekalongan, Jawa Tengah
  9. MAN Insan Cendekia Paser, Kalimantan Timur
  10. MAN Insan Cendekia Padangpariaman, Sumatera Barat 
  11. MAN Insan Cendekia Batam, Kepulauan Riau
  12. MAN Insan Cendekia Bengkulu
  13. MAN Insan Cendekia Sambas, Kalimantan Barat
  14. MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Kalimantan Selatan
  15. MAN Insan Cendekia Palu, Sulawesi Tengah
  16. MAN Insan Cendekia Kendari, Sulawesi Tenggara
  17. MAN Insan Cendekia Sorong, Papua Barat.
Dari 17 MAN IC tersebut di atas, 8 MAN IC terakhir (teks warna pink) menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru untuk pertama kali Tahun Ajaran 2016/2017 ini, 6 MAN IC sebelumnya (teks warna ungu) menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru sejak Tahun Ajaran 2015/2016 lalu, sementara 3 MAN IC pertama (teks warna hijau) menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru sejak sekolah tersebut didirikan pada tahun 1996, lebih kurang 21 tahun silam (atau 21 Angkatan).

Mekanisme seleksi peserta didik pada Tahun Ajaran 2016/2017 ini, sebagaimana yang ditegaskan oleh Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis, masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, yakni dilakukan oleh Kemenag Pusat bekerja sama dengan Institut Assesmen Indonesia. Kementerian Agama menggandeng Institut Assesmen Indonesia untuk lebih menjamin profesionalitas dan transparansi seleksi, sehingga diharapkan peserta didik yang terjaring, benar-benar yang terbaik, berkualitas.

Seperti biasa, untuk kemudahan proses seleksi, M. Nur Kholis mengatakan bahwa para calon peserta didik dapat mengikuti test ujian masuk di tempat ujian yang secara geografis terdekat dengan domisilinya. “Jika ada calon peserta didik dari Aceh misalnya, hendak mendaftar di MAN IC Serpong, dia bisa mengikuti tes di Aceh. Apalagi jika dia hendak tes di MAN IC Aceh Timur. Jadi, nanti ada dua pilihan: MAN IC mana yang hendak dituju,” tutur pria yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah itu.

Portal pendaftaran secara online dalam waktu dekat ini akan segera dibuka. Oleh karena itu, pastikan setiap hari selalu mengunjungi Blog Sekolah-Sekolah Favorit ini agar tidak ketinggalan info-info aktual. Satu hal lagi yang perlu digarisbawahi adalah, MAN IC adalah branding dan sekaligus salah satu bentuk kepedulian Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menghadirkan pendidikan berkualitas. (Sumber: Kementerian Agama RI, 2016)

Update Rabu 2 Maret 2016, pukul 10.00 WIB :
Pendaftaran MAN Insan Cendekia telah dibuka secara resmi. Sebagai informasi awal, silahkan klik di tautan ini: Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Tahun Ajaran 2016/2017. Semoga bermanfaat.
Title: 17 MAN Insan Cendekia Siap Terima Peserta Didik Baru
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by La Ode Ahmad

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.