MAN 4 Jakarta, Sekolah Favorit

Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta (Islamic Senior High School 4 Jakarta) tampaknya sangat layak masuk dalam daftar sekolah-sekolah menengah atas favorit di negeri ini. Sekolah yang berlokasi di Pondok Pinang Jakarta Selatan ini terus menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan. Memang, prestasi adalah bagian dari substansi yang melekat dalam Visi MAN 4 Jakarta: Pengembang Pendidikan Islami Unggul dalam Prestasi.
Untuk mengawal Visi di atas, salah satu Misi yang diemban sekolah yang sudah mengantongi Sertifikasi ISO 9001:2008 ini adalah “Menjadikan Agama Islam sebagai Ruh dan Sumber Nilai Pengembangan Madrasah”. Subhanallah, mantap sudah!!! Kalau ruh dan sumber nilai dalam pengembangan sekolah sudah mengacu pada Islam, itulah sekolah yang dicari. Kalau ruh dan sumber nilai dalam hidup ini sudah mengacu pada Islam, itulah kehidupan yang sesungguhnya.

Sekolah-sekolah berbasis madrasah, sekolah-sekolah berbasis pesantren, beberapa tahun terakhir ini menjadi prioritas pilihan utama para orang tua (Ayah dan Bunda) untuk putra-putri tercinta mereka. Trend menggembirakan itu memang sangat didukung berbagai argumentasi faktual yang sangat logis. Yang pokok, sekolah harus menjadi sarana yang memudahkan kita untuk mengetuk pintu surga, atau lebih tepatnya, meraih ridha-Nya.

Di luar sekolah-sekolah berbasis madrasah atau pesantren, tidak sedikit pula sekolah-sekolah umum yang layak menjadi pilihan Ayah dan Bunda untuk para buah hati tercinta. Meski tidak berbasis madrasah atau pesantren, di sejumlah sekolah umum favorit itu sejumlah nilai universalitas Islam bisa disaksikan.

Para lulusan MAN 4 Jakarta banyak yang diterima di Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi Favorit di Indonesia, antara lain di UGM, ITB, UI, IPB, dan lain sebagainya. Bahkan, beberapa di antaranya diterima di Perguruan Tinggi di luar negeri, seperti di Jepang, melalui program beasiswa. Bener-benar mantap juga memang sekolah ini. Alhamdulillah.

Salah satu kegiatan rutin di sekolah yang termasuk kategori Boarding School, atau sekolah berasrama ini adalah kajian rutin Kitab Kuning, setiap Jumat ba'da maghrib, di Masjid Darul Falah, masjid kebanggaan MAN 4 Jakarta. Kitab Ta'lim Al-Muta'allim adalah salah satu kitab kuning yang dipelajari di sekolah favorit yang satu ini. Kitab Ta'lim Al-Muta'allim membahas hal-hal yang berkaitan dengan akhlak, adab dan tata krama seorang penuntut ilmu, termasuk tata krama antara murid dengan guru, dengan tujuan tentu saja agar ilmu yang dipelajari mudah dipahami dan diamalkan, bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, bermanfaat di dunia maupun di Akhirat, atau dianugerahi keberkahan oleh Allah SWT.

Sekolah yang selalu mempertahankan Akreditasi A ini memang sangat layak menjadi pilihan Ayah dan Bunda untuk putra-putri tercinta. Seperti layaknya sekolah-sekolah favorit lainnya, fasilitas belajar mengajar di MAN 4 Jakarta sudah tidak diragukan lagi. Lingkungan sekolah yang asri, bersih, turut menjadi pelengkap kebaikan-kebaikan yang melekat dengan popularitas MAN 4 Jakarta. (Pastikan sudah membaca artikel ini: Sekolah-Sekolah Menengah Atas Favorit di Indonesia)

Title: MAN 4 Jakarta, Sekolah Favorit
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by La Ode Ahmad

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.