MAN Insan Cendekia Buka Pendaftaran Siswa Baru


Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia yang sekarang tersebar di 9 Propinsi membuka PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) Tahun Ajaran 2015/2016. Seperti biasa, proses PPDB ini dilakukan secara online melalui website resmi institusi tersebut. Bagi yang berminat, informasi lebih lanjut mengenai PPDB ini dapat diakses melalui website: penerimaan.ic.sch.id

(Update  Rabu 2 Maret 2016 : Mengingat tidak ada perubahan nama domain, maka alamat PPDB 2015/2016 tersebut di atas secara otomatis dapat digunakan untuk mengakses PPDB 2016/2017 ini. Untuk lebih meyakinkan lagi, silahkan akses informasi seputar PPDB Tahun 2016 ini dengan melakukan klik pada link atau tautan ini: Penerimaan Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia Tahun Ajaran 2016/2017)

Sangat Disayangkan !

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, atau angkatan-angkatan sebelumnya, terhitung sejak tahun ajaran 2015/2016 ini para peserta didik baru tidak akan merasakan lagi beasiswa sebagaimana yang dinikmati seluruh peserta didik angkatan sebelumnya yang diberikan tanpa memandang status ekonomi orang tua/wali murid.

Menurut Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 3192 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, terhitung mulai tahun pelajaran 2015/2016 peserta didik baru MAN Insan Cendekia dibebankan biaya personal berupa:
  • Biaya makan
  • Pakaian seragam, dan
  • Kebutuhan hidup di asrama yang tidak dianggarkan dalam DIPA MAN Insan Cendekia 
Berdasarkan kebijakan baru di atas, beasiswa penuh hanya diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu saja, yang dibuktikan dengan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Jumlah biaya personal sebagaimana dimaksud di atas telah ditetapkan dalam Surat No. Dj.I/Dt.II/I/PP.00.6/52.B/2015, sebesar Rp. 1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) untuk setiap peserta didik perbulan. Sekali lagi ini hanya berlaku bagi peserta didik baru tahun ajaran 2015/2016, tidak berlaku untuk para peserta didik angkatan sebelumnya.

Bagaimanapun keputusan di atas sangat disayangkan. Boleh dikata, ini sebuah kemunduran. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan sepatutnya memperbanyak atau memperluas coverage beasiswa pada seluruh jenjang sekolah di negeri ini, bukan malah menciutkan atau bahkan menghapus sebagian atau apalagi seluruhnya.

Seharusnya Lebih Mahal Lagi ?

Dari kalkulasi yang saya dasarkan pada fakta dan kesaksian nyata saya/kami sebagai orangtua/wali murid tentang proses pendidikan di MAN Insan Cendekia, khususnya ICS (Insan Cendekia Serpong), ketetapan biaya 1,5 juta perbulan perpeserta didik untuk angkatan yang akan datang ini memang masih tergolong relatif lebih murah jika disandingkan dengan bobot/kualitas di institusi tersebut.

Perhitungan saya, untuk sekolah se-bonafid ICS, 5 juta perbulan pun rasa-rasanya masih sangat layak . Artinya, saya ingin mengatakan bahwa, meski tahun ajaran 2015/2016 ini sudah akan mulai ada biaya personal sebesar 1,5 juta di Insan Cendekia (tidak berlaku pada angkatan sebelumnya), saya yakin bahwa komponen pembiayaan dari pemerintah masih cukup besar, meskipun harus kembali saya tegaskan lagi bahwa sepatutnya pemerintah menambah atau memperluas coverage beasiswa agar penyelenggaraan pendidikan di negeri tercinta ini tidak sampai memberatkan masyarakat pada umumnya.

MAN Insan Cendekia adalah salah satu (sekali lagi salah satu) sekolah favorit di negeri ini, di samping sekolah-sekolah favorit lainnya (negeri maupun swasta). Selamat mengikuti PPDB Insan Cendekia. Dan, rasa-rasanya seperti saya sudah tidak sabar lagi untuk mengucapkan Selamat menikmati pendidikan yang berkualitas di Sekolah Islami yang dirintis pertama kali oleh Prof. DR. Ing. BJ. Habibie ini. (Lihat juga Testimoni Alumni MAN Insan Cendekia Serpong)

Title: MAN Insan Cendekia Buka Pendaftaran Siswa Baru
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by La Ode Ahmad

9 komentar

This comment has been removed by the author.

Mudah-mudahan pihak ICS bisa membaca komentar di atas dan sekaligus memberikan klarifikasinya. Dari saya pribadi sebagai orang tua dari salah satu peserta didik di ICS berani mengatakan bahwa permintaan-permintaan biaya tak tertulis seperti itu tidak mungkin dilakukan oleh pihak ICS. Bolehjadi ada oknum-oknum di luar ICS yang mengatasnamakan ICS. Sekali lagi saya berani mengatakan bahwa tidak mungkin ada pungutan tidak resmi, tertulis ataupun tidak tertulis dari pengelola ICS.

avatar
Anonymous

Bapak Muxin Berani, mungkin yang dimaksud dalam berita tsb bukan MAN Insan Cendekia (MAN IC). Tetapi SMA INSAN CENDEKIA MADANI ( SMA swasta). Karena saat ini banyak sekali sekolah2 swasta, mulai jenjang SD - SMA yang juga menggunakan nama "Insan Cendekia". Mohon diteliti kembali.

This comment has been removed by the author.

Pak Muxin,
Di MAN Insan Cendekia Serpong untuk Tahun Ajaran 2014-2015 tdk ada dana pendidikan sebesar 30 juta yang diminta sekolah, karena biaya pendidikan masih ditanggung peemrintah.
Baru tahun ajaran 2015 - 2016, ada biaya personal yang tidak ditanggung oleh DIPA, yang besarannya sdh ditentukan.

Dua anak saya bersekolah di MAN Insan Cendekia Serpong.

This comment has been removed by the author.

Bgmna KLO diadakan beasiswa Tahfidzul quran 30 juz?

Bgmna KLO diadakan beasiswa untuk penghafal Alquran 30 juz?

bu irni, kalau boleh tau rincian biaya masuk ke man insan cendikia ini?apakah hanya dana personal itu 1.5jt/bulan yang diperuntukan untuk biaya makan, seragam dan kebutuhan hidup di asrama?berapakah besaran biaya dana pembangunan dan spp nya?mohon infonya

Pembaca yang budiman, silahkan dimanfaatkan kolom komentar di bawah ini sebagai sarana berbagi atau saling mengingatkan, terutama jika dalam artikel yang saya tulis terdapat hal-hal yang perlu diklarifikasi lebih lanjut. Terima kasih.